Halloween Costume ideas 2015

Cara mudah naik kereta api pertama kali untuk pemula (Dari surabaya ke bandung)

www.opowi.net -Bulan agustus ini saya sangat senang sekali karena diberi kesempatan untuk jalan-jalan kebandung.Saya berangkat kebandung bertiga satu saudara dan satu lagi teman kuliah,tujuan utama kami awalnya bukan jalan-jalan sih tapi lebih ke cari informasi tentang PT Pindad,dimana saya sangat ngebet banget OJT (On the Job Training) di PT Pindad.Bagi yang tanya apa itu OJT,itu semacam program magang atau anak-anak biasa menyebut kuliah Praktek (KP).Perjalanan ini sudah saya rencanakan jauh-jauh hari hampir 2-3 bulan saya merencanakannya karena oh karena saya benar-benar buta akan kota bandung.


Setelah tanya sana-sini akhirnya saya dan teman-teman memantapkan pilihan untuk menggunakan moda transportasi sejuta umat yang relatif murah dikantong mahasiswa seperti saya,dengan pertimbangan kalau menggunakan BUS tentunya memakan waktu lama dan harus ganti-ganti kendaraan yang membuat ribet dan kalau mau menggunakan pesawat dari Surabaya ke Bandung nggag kuat dibiaya yang waktu itu saya cari harganya berkisar di angka 500 ribu sekali jalan….huft….


Hari itu 3 agustus 2015 pukul 7 pagi saya langsung menyalakan laptop dan menuju tiket.kereta-api.co.id yang merupakan situs resmi reservasi kereta api online yang dikelalo PT.KAI (Kereta Api Indonesia).Cara reservasi/pemesanan tiket kereta api online ini juga mudah kok kita hanya tinggal pilih tujuan dan waktu keberangkatan lalu kita disuruh untuk mengisi data pribadi dan data penumpang lain jika lebih dari satu penumpang,selanjutnya kita akan dihadapkan untuk memilih tempat duduk.Setelah itu kita akan diberi email dari KAI untuk melakukan pembayaran dengan waktu yang ditentukan.Disini kita juga diberi banyak pilihan metode pembayaran,karena saya pakai BCA disana terdapat 2 pilihan yakni transfer ATM dan Klik pay.



 Karena takut kehabisan tiket sayapun langsung memesan tiket PP untuk 3 orang Surabaya Bandung.Setelah Pembayaran lunas,kita akan mendapat email lagi yang berisi Kode booking yang akan ditukarkan di CTM (Cetak Tiket Mandiri),jadi ingat atau print kalau bisa untuk berjaga-jaga kalau lupa kode bookingnya.(Cara menggunakan CTM - Cetak Tiket Mandiri)

Nah selesai sudah pesan tiket kereta mudah kan?oh ya selain pesan tiket kereta saya juga sempat memesan tiket hotel di bandung Dengan Traveloka yang akan saya bahas pada postingan selanjutnya,jadi tunggu saja :)


Nah setelah semua persiapan saya bawa akhirnya hari yang ditunggu-tunggu datang juga,Kereta saya Mutiara selatan (Kelas Bisnis) seharga 250ribu sekali jalan berangkat pukul 07.00 malam dari stasiun gubeng,karena mau cari tempat parkir,sholat dan lain-lain saya dan rombongan berangkat pukul 4.30 sore dari kost.Nah setelah saya sampai stasiun gubeng saya langsung parkir sepeda motor dan saya lanjutkan mengambil tiket kereta di CTM (Cetak Tiket Mandiri).Gambar dibawah adalah saya memasukkan kode booking.

CTM stasiun Gubeng


 Setelah itu saya menghabiskan waktu disana untuk sholat dan melihat-lihat sekitar.Sekiranya pukul 5.50 saya dan teman-teman masuk ke ruang tunggu dan pukul 6.05 kami sudah dipanggil petugas untuk melakukan boarding tiket.Dimana boarding tiket ini hanya pengecekan data tiket dan data diri (KTP/SIM/Passport) dan pemberian stempel,selanjutnya saya masuk ruang tunggu dalam stasiun.Sekitar pukul 18.45 saya diantar petugas munuju jalur 1,dimana tempat kedatangan kereta Mutiara selatan jurusan Surabaya bandung dari stasiun Pasar Turi Surabaya.Nah setelah kereta tiba akhirnya satu-persatu penumpang mulai masuk.Saya memilih kerata no 4,jadi saya masuk gerbong 5 karena susunannya adalah

Lokomotif-Bisnis 1-bisnis 2 -bisnis 3-kereta makan-bisnis 4-bisnis 5-bisnis 6-barang

Saya menelusuri gerbong satu-persatu untuk mencari tempat duduk yang tertata rapi dan bersih.Keretapun tak berhenti lama,tepat pukul 07.00 malam (saya benar-benar lihat jam lo) kereta mulai membelah rel dan berjalan menuju stasiun berikutnya.

Didalam saya merasa lumayan nyaman kursi empuk,ada ac yang jumlahnya dalam 1 gerbong 4 buah berasa berrrr.....Fasilitas didalam yang saya dapat hanya kursi yang saya duduki,jika mau sewa bantal harganya 5000 perak.Saya kira pelayanan sangat memuaskan dimana sering petugas kebersihan masuk untuk mengecek apakah ada sampah.

Karena tidak disediakan makanan,maka jika kita lapar harus beli,belinya dimana?tenang aja ditengah perjalanan kita akan ditawari berbagai macam makanan,minuman dan snack mulai dari nasi goreng,nasi rames,seteh dan banyak lagi ada,sayapun nggag memesan karena niatnya ngririt heheheheh,jadii saya sudah menyiapkan bekal sebelumnya.

Nah karena dari Surabaya-Bandung yang menghabiskan waktu lebih dari 10 jam tentunya saya tidak akan bisa sholat dimasjid tentunya harus dengan duduk,dimana ketika saya berwudlu toiletnya lumayan bersih dan rapi,baunya juga harum kok.

Oh ya,bagi kita yang membawa banyak gadget seperti smartphone,tablet,laptop ataupun kamera jangan takut kehabisan daya listrik karena setiap tempat duduk tersedia dua colokan listrik yang berfungsi dengan baik.Lama didalam kereta saya cuma bisa main game dan dengar musik,saya tidak bisa lihat perjalanan karena malam hari.

Waktu sudah menunjukkan pukul 9.44 dan saya melihat disamping kiri terlihat tulisan "STASIUN KIARA CONDONG" yang menandakan saya telah tiba dibandung,bytheway saya pilih stasiun kiara condong bukan stasiun bandung karena lebih dekat dengan PT Pindad tempat tujuan utama saya.

Sekian dulu pengalaman yang dapat saya ceritakan,tunggu cerita jalan-jalan dibandung selanjutnya ya :)

Posting Komentar

nice share and tips mas,memang sekarang sudah mudah sekali untuk pesan tiket kereta api, mesin ctm nya pun sekarang sudah banyak terdapat di semua stasiun. Tapi, kalau boleh tahu, harga menu makanan seperti nasi goreng, minuman didalam kereta itu kisaran berapa?

Bulan agustus kemarin saya ke bandung naik kereta kelas bisnis, Hrg menunya kisaran 20-45 rb

mas, mau tanya klo misal mau KP di PT.Pindad proposalnya dikirim lewat email kemungkinan besar bisa nggak untuk diterimanya?
mohon infonya, terima kasih.

Seperti yang pernah saya jelaskan di http://www.opowi.net/2015/12/cara-mendaftar-kp-kerja-praktek-magang.html dan pengalaman kakak kelas serta teman saya,kemungkinan untuk diterima sangat kecil,dimana ketika saya berkunjung ke pindad beberapa waktu yang lalu sangat disarankan bahkan bisa disebut wajib kesana serta menyerahkan proposal untuk bisa magang/kp/ojt di PT Pindad.Semoga membantu

oke terima kasih mas, trus saya mau tanya lagi untuk prosedur mengurus KP disana nanti kira-kira apa saja yg harus disiapkan selain proposal dan surat pengantar? dan berapa lama kira-kira mengurusnya? terima kasih sebelumnya

Ketika saya kesana hanya membawa proposal dan surat dari kampus,waktu yang diperlukan tidak lama kok,satu hari juga selesai.Dimana kita akan mencari divisi di pindad yang cocok buat jurusan kita,pembimbing dan memasukkan data.Oh ya mau kp kapan? saya diterima untuk kp bulan september sampai november tahun 2016 mendatang.

oke nice info hehe klo sy rencana mau KP bulan juli sampai agustus tahunn 2016

permisi mas, saya mau bertanya saat mas mengirim lgs proposal kesana apakah lgs diterima oleh pihak pindad? atau hrs menunggu lagi? trus apabila saya telah mengirim via email msh diperbolehkan apa tidak mengirim lgs kesana? terima kasih.

ketika saya kesana langsung diterima,kita langsung diarahkan pada divisi yang ada,sebisa mungkin jangan kirim proposal lewat pos/jne atau yg lain apalagi email,karena dari pengalaman kakak-kakak di jurusan saya tidak ada yg direspon,kalaupun direspon juga tidak diterima.Jadi saya sarankan langsung ke Pindad saja.Makasih

Informasi ini sangat bermanfaat sekali untuk saya. Saya juga pemula dalam menaiki kereta Api.

bagaimana pendapat anda tentang artikel www.opowi.id diatas???

nb:Walaupun blog ini dofollow jangan melakukan spam!!!.saya mengharapkan komentar anda untuk kelangsungan blog ini.. :)Terimakasih

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget